RESMI : SATELIT TELKOM 3S BERHASIL MELUNCUR


Satelit Telkom 3S merupakan satelit terbaru yang dikeluarkan oleh PT. Telkom Indonesia. Satelit Telkom 3S sendiri diproyeksikan sebagai pengganti Satelit Telkom 1 yang kontraknya akan habis pada tahun 2018.

Satelit Telkom 3S direncanakan akan 49 Transponder untuk melayani berbagai Informasi maupun Telekomunikasi, satelit ini akan menempati slot 118°BT, berbeda dengan satelit sebelumnya yakni satelit Telkom 1 yang menempati slot 108.2 °BT.

Satelit Telkom 1 berhasil meluncur pada hari Rabu, 15 Februari 2017 di Guyana Prancis, Anerika Selatan pada pukul 04.39 WIB.

Satelit Telkom 3S mengudara ke ruang hampa dari pangkalan peluncuran di Kourou, Guyana Prancis dengan titik orbit satelit diperkirakan sampai 10-15 hari. Jumlah yang dibawa satelit Telkom 3S saat ini lebih banyak dibanding satelit Telkom 1 yang membawa 36 transponder dan satelit Telkom 2 dengan 24 transponder. Slot orbit 118 derajat BT pada Telkom 3S tersebut sebelumnya ditempati oleh satelit Telkom 2. Kemudian, satelit Telkom sebelumnya yakni Telkom 2 yang masih aktif hingga 2022 akan dialihkan ke slot orbit 157 derajat BT.

Oleh karena itu, bagi para pengguna parabola metode 2 lnb, mau tidak mau harus merubah posisi parabolanya agak condong ke timur dari posisi sebelumnya, hal ini dikarenakan posisi slot 108 derajat bujur timur akan kosong, sehingga anda harus mengatur ulang pengaturan lnb di Receiver anda masing - masing.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah satelit Telkom 3S akan meninggalkan Siaran Televisi yang hanya berformat Mpeg2 atau tetap mempertahankannya.

Untuk Beamnya (Jangkauan Satelit) sendiri dipastikan akan mencakup seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa terkecuali dan diharapkan memiliki pancaran sinyal yang kuat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW RECEIVER GOLDSAT ROSE MPEG4 HD

CARA MEMASUKAN BISS KEY DI BERBAGAI RECEIVER

REVIEW RECEIVER KAONSAT IMAX 899 HD