MENGENAL LNB KU BAND

LNB Ku Band adalah LNB yang memiliki frekuensi LNB di kisaran 9750 - 10600 MHz (Universal). LNB Ku Band merupakan pengembangan lebih lanjut dari LNB terdahulu seperti LNB C - Band. LNB Ku Band dinilai memiliki beberapa keunggulan yang tak dimiliki oleh LNB C Band sehingga beberapa Pay TV memilih menggunakan LNB Ku Band sebagai perangkat untuk menangkap siarannya.

LNB Ku Band biasanya lebih sering kita jumpai di dish kecil / parabola mini, Pay TV yang menggunakan LNB Ku Band antara lain Orange TV, Transvision, Kvision, BIG TV, SMV Media. Channel gratisan pun bisa kita tangkap melalui LNB Ku Band seperti Ninmedia di Chinasat 11, IPM Group di Thaicom 8, dan beberapa siaran Australia di satelit Optus.

LNB Ku Band sendiri terdiri dari 2 jenis antara lain LNB Ku Band Prime Fokus dan LNB Ku Band Offset.
LNB Ku Band Prime Fokus

LNB Ku Band Prime Fokus adalah LNB Ku Band yang diklaim memiliki kekuatan terbaik untuk menangkap sinyal namun anda harus menggunakan Parabola jenis Solid yang cukup besar (kisaran 6 feet - 8 feet) untuk memaksimalkan kekuatannya selain itu harganya pun cukup menguras kantong, lnb prime fokus sering digunakan untuk menembak satelit yang diluar jangkauan Beam.
LNB Ku Band Offset

Sedangkan LNB Ku Band Offset adalah jenis lnb yang paling sering kita jumpai di pasaran, rata - rata Pay TV menggunakan lnb jenis ini sebagai alat untuk menangkap siarannya. LNB Ku Band Offset memiliki harga yang relatif terjangkau dibanding LNB KU Prime Fokus. LNB Ku Band Offset hanya bisa memaksimalkan sinyalnya apabila disandingkan dengan Dish Offset pula (seperti Dish Pay TV pada umumnya).

LNB Ku Band sendiri pada akhirnya memiliki beberapa Kelebihan dan Kelemahan antara lain :

Kelebihan

  • Sinyal yang dipancarkan sangat kuat
  • Dapat menggunakan Dish mini bahkan tutup panci sekalipun untuk menangkap sinyalnya
  • Tahan terhadap kebisingan
Kekurangan
  • Harga sewa transponder di jalur Ku Band relatif mahal
  • Sinyal akan hilang apabila ada hujan besar ataupun langit mendung
  • Kesulitan menangkap sinyal jika menggunakan Parabola Jaring / Mesh
Demikian Penjelasan singkat kami tentang LNB Ku Band, Terima Kasih

Comments

  1. apbi kita bisa pasang ini di antena tv biasa? kebetulan tempat kerja ane di pembangkit listrik atas gunung (gunung salak) ,sama sekali ga nangkap siaran tv kecuali TVRI

    agak sengsara juga ga ada hiburan cuman bisa liatin monyet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasang pada dish mini aja, bs nangkap chanel free to air, pake dekoder mpeg4

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW RECEIVER GOLDSAT ROSE MPEG4 HD

CARA MEMASUKAN BISS KEY DI BERBAGAI RECEIVER

REVIEW RECEIVER KAONSAT IMAX 899 HD