MENGENAL LNB C BAND

LNB atau Low Noise Block adalah seperangkat alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal dari satelit di luar angkasa melalui bantuan parabola. LNB sendiri memiliki berbagai jenis rupa seperti LNB C  Band, Ku Band, S  Band, Ka Band, L Band dan lain sebagainya.

Kali ini Forsat Indonesia akan membahas LNB C - Band terlebih dahulu. LNB C - Band adalah LNB yang digunakan untuk menerima pancaran sinyal dari satelit yang berisi informasi dari satelit melalui gelombang C- Band. LNB C-Band memiliki frekuensi standar 5150 MHz dan biasanya memiliki jarang rentang frekuensi antara 3400 - 4200 MHz. Di negara - negara Asia khususnya di Indonesia. Gelombang C-Band sendiri masih banyak dipakai untuk menyiarkan acara Televisi.

Satelit yang bisa ditangkap menggunakan LNB C-Band di Indonesia pun cukup banyak dikarenakan negara - negara tetangga pun masih banyak menggunakan gelombang C-Band.

Gelombang C- Band sendiri memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan baik bagi para penerimanya maupun para developernya.

Berikut Kelebihan dan kelemahan LNB C-Band :

Kelebihan

  • Tahan terhadap segala cuaca baik panas maupun hujan sehingga meningkatkan efisiensi
  • Biaya sewa transponder melalui LNB C-Band cukup murah


Kekurangan

  • Harus menggunakan parabola yang cukup besar (minimal 4,5 feet) untuk menangkap sinyalnya sehingga banyak memakan tempat
  • Mengalami gangguan apabila ada bunyi sepeda motor di jalanan

Setelah melihat beberapa kekurangan dan kelebihannya ternyata lnb c band masih menjadi tumpuan bagi sebagian besar negara di Asia untuk komunikasi.

Demikian Informasi dari Kami, Terima Kasih

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW RECEIVER GOLDSAT ROSE MPEG4 HD

CARA MEMASUKAN BISS KEY DI BERBAGAI RECEIVER

REVIEW RECEIVER KAONSAT IMAX 899 HD